Ciri-Ciri Kambing Peranakan Etawa Ras Senduro

Ciri-Ciri Kambing Peranakan Etawa Ras Senduro – Lumajang

Mengenal ciri-ciri Kambing Etawa Senduro sangat penting terutama bagi Anda yang ingin mengoleksi kambing unggul ini. Dengan mengenal ciri-ciri Kambing Ras Senduro atau Etsen maka Anda nantinya bisa membedakan dengan jenis kambing unggul lainnya. Ciri-ciri Kambing Senduro telah ditetapkan oleh Kementrian Pertanian RI dan juga mematenkan Kambing Senduro sebagai kambing unggul milik Indonesia.

Baca juga: Ciri-Ciri Kambing Etawa kaligesing

Penetapan Dan Pematenan Kambing Senduro Sebagai Kambing Unggul Indonesia

Pada tahun 2014, Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui SK nomor 1055/Kpts/SR.120/10/2014 telah menetapkan Kambing Etawa Senduro atau Kambing Senduro sebagai galur kambing lokal Indonesia yang harus dilindungi dan dilestarikan. Melalui SK tersebut Pemerintah Republik Indonesia telah mengakui sekaligus mematenkan kambing etawa Senduro atau Etsen sebagai salah satu kambing unggul yang harus dijaga dan dikembangkan potensi genetiknya.

Dari SK Kementerian Pertanian Republik Indonesia tersebut dapat kita ketahui beberapa ciri umum dari kambing etawa Senduro. Adapun ciri khusus dari kambing etawa Senduro dijabarkan dibawah ini.

Baca juga: Kambing Peranakan Etawa Kaligesing

Postur Tubuh

Postur besar dalam artian memiliki postur yang tinggi dan lingkar dada yang tebal merupakan kriteria utama dari kambing etawa Senduro atau Kambing Senduro. Hal ini ditunjang oleh ukuran tulang yang besar pula yang dapat dilihat dan dicermati langsung dari diameter tulang kakinya.

Kambing etawa Senduro jantan dapat mencapai tinggi gumba 1 meter (100cm) maksimal pada umur 1,5 tahun. Dengan kata lain sebelum umur satu setengah tahun, kambing etawa Senduro telah mencapai tinggi 1 meter. Untuk cempe jantan kambing etawa Senduro dapat mencapai tinggi 60cm-70cm pada umur 4 bulan atau lepas sapih.

Baca juga: Keunggulan Kambing Etawa Senduro

Bobot Berat Badan Hidup

Postur tinggi, lingkar dada tebal ditunjang dengan tulangan yang besar akan menambah berat bobot dari Kambing Etawa Senduro. Untuk pejantan kambing etawa Senduro bobotnya dapat mencapai 80-120kg pada umur sekitar 2 tahunan. Inilah salah satu kuunggulan yang banyak dicari oleh para peternak profesional untuk menjadikan Kambing Senduro sebagai kambing pedaging.

Warna Bulu Badan

Warna bulu putih dominan merupakan salah satu ciri utama dari ciri kambing etawa Senduro dalam hal warna bulu. Tidak semua kambing etawa Senduro atau bahkan kelas super memiliki warna putih menyeluruh. Meskipun dominan berwarna putih, adakalnya Kambing Etawa Senduro sendiri bisa berwarna coklat kemerahan baik secara total ataupun muncul sebagai bercak.

Bentuk Dan Sifat Telinga

Telinga yang panjang dengan karakteristik lemas dan berbentuk terpilin (mlintir) merupakan salah ciri-ciri Kambing Etawa Senduro. Panjang telinga kambing etawa Senduro dewasa dapat mencapai 30-40cm. Ciri telinga panjang terpelintir merupakan salah satu nilai plus. Artinya tidak semua kambing etawa Senduro memiliki kriteria telinga seperti ini. Namun pada umumnya memiliki telinga yang panjang walaupun tidak melintir.

Baca juga: Harga Kambing Kaligesing

Bentuk Kepala

Bentuk kepala yang dominan dan sangat diminati dari Kambing Senduro adalah muka yang cembung (roman nosed). Seperti pada telinga tidak semua kambing etawa Senduro memiliki bentuk kepala cembung. Namun muka cembung adalah nilai plus tersendiri terutama untuk kambing etawa super untuk kebutuhan kontes. Untuk pejantan terdapat gelambir tebal dan lebar yang menggantung di leher. Semakin besar dan tebal gelambirnya semakin menambah nilai estetika Kambing Etawa Senduro tersebut.

Bentuk Tanduk

Kambing etawa Senduro yang tidak bertanduk alias gundul memiliki nilai plus terutama untuk kriteria super kontes. Sebenarnya salah persepsi jika semua kambing etawa Senduro tidak bertanduk. Sebagiannya bertanduk tapi sangat kecil dan tidak berkembang. Namun karena kambing etawa tidak bertanduk hanya dapat ditemukan di kambing etawa Senduro, hal ini menjadikan ciri khas dan bahkan nilai plus untuk kambing etawa Senduro yang perlu dilestarikan.

Itulah sekilat uraian tentang ciri-ciri Kambing Senduro atau ciri-ciri Kambing Etawa Senduro. Mudah-mudahan artikel tentang ciri-ciri Kambing Ras Senduro ini memberi pengetahuan dan wawasan buat Anda terutama Anda yang saat ini lagi mencangkan untuk untuk membudidaya dan mengembangkan Kambing Senduro sebagai pruduk utama dari peternakan Anda.

Dan bagi Anda yang ingin mencari bakalan atau bibit Kambing Senduro kami siap bekerja sama dengan Anda untuk pengadaan bibitnya. Insya Allah kami akan memberikan yang terbaik untuk Anda baik dari segi harga maupun kualitas bibitnya. Hubungi kami pada tombol di bawah ini:

Tags: , , , , , ,
Previous Post
Keunggulan Kambing Peranakan Etawa Ras Senduro
Kambing Etawa Kambing Senduro Peternakan Peternakan Kambing

Keunggulan Kambing Peranakan Etawa Ras Senduro

Next Post
Ragam Ras Kambing Peranakan Etawa Atau PE
Kambing Etawa Kambing Kaligesing Kambing Senduro Peternakan Peternakan Kambing

Ragam Ras Kambing Peranakan Etawa Atau PE Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat Kontak, chat WA di sini..!